Beranda > Networking > Mengukur Kecepatan Koneksi ISP Broadband dengan Speedtest.net

Mengukur Kecepatan Koneksi ISP Broadband dengan Speedtest.net


Anda pernah mengalami yang namanya koneksi lemot? Hingga suatu hari anda ingin mengetes seberapa cepat koneksi ISP broadbad anda melalui internet? Keinginan anda itu dapat diwujudkan oleh SpeedTest yang memiliki alamat di http://www.speedtest.net Anda dapat mengukur seberapa cepat koneksi anda melalui website mereka.

Apa yang dilakukan oleh SpeedTest.net itu? SpeedTest.net mengukur performa dari koneksi broadband anda. Pada akhir dari tiap tes, anda akan disuguhkan dengan nilai kecepatan bandwith download dan upload. Tes dilakukan sepenuhnya di dalam browser anda mellui HTTP (seperti web browsing biasanya). Teknologi dibalik SpeedTest.net adalah Ookla Speed Test yang menyediakan sebuah variasi besar untuk perusahaan dan organisasi pada basis berlisensi. Aplikasi ini digunakan oleh lebih dari delapan juta kali per bulan oleh jutaan orang.

Bagaimana memakainya? Masuk ke websitenya, dan begitu masuk loading akan berjalan. Jangan salah lho, website ini telah menggunakan teknologi Ajax yang digembar-gemborkan sebagai icon Web 2.0 itu. Tunggu begitu loading selesai, dan SpeedTest.net akan langsung mendeteksi IP kita yang akan men-zoom kameranya ke Indonesia. Di peta kepulauan kita itu ada beberapa piramida yang merepresentasikan kota besar di Indonesia. Sementara ini baru ada Surabaya, Semarang, Jakarta dan Palembang saja. Arahkan pointer mouse anda ke salah satu kota itu. Di sana akan terlihat salah satu piramida yang berbeda, yang berwarna kuning itu adalah kota yang paling dianjurkan/direkomendasikan. Dan ketika artikel ini dibuat adalah Surabaya. Oke, kita mulai. Kalau sudah di-klik, SpeedTest.net akan mulai melalukan pengetesan dengan melakukan komunikasi antara komputer di kota mana anda berada dengan server yang anda pilih tadi. Kemudian akan disajikan hasilnya seperti berapa kecepatan upload dan download, jarak kedua kota, tanggal tes, nama ISP anda, nilai ping, dan sebagainya. Anda juga bisa berkontribusi memberi rating pada ISP broadband anda apakah bagus atu jelek. Sekedar infomasi, ketika membuat artikel ini, saya ada di warnet kota Ngawi (mudik). ISP-nya adalah PT. Telecomusikasi Indonesia. Jadi jangan heran downloadnya bisa segitu karena semakin dekat akan semakin cepat dan sebaliknya.

Tampilan awal SpeedTest.net. Bagus kan tampilannya?

Anda juga bisa melakukannya dengan server dari luar negeri, London misalnya. Kecepatannya juga bisa diukur dengan tepat. Nah, selamat mengukur dan nikmati lebaran anda🙂

(Hehe, mohon maaf karena artikel ini disambungnya sekarang soalnya kemarin warnetnya tutup jam 21.00, enggak kayak di Alexa dehhh…nah ini lanjutannya yang benar.)

Di halaman Result, kita bisa melihat ada tombol “See Stats for the entire world”. Dari situ kita bisa melihat statistikperbandingan kecepatan koneksi suatu negara/wilayah/kota. Kita akan diperlihatkan statistik ISP mana yang paling cepat, kota mana yang memiliki koneksi terbanter, atau wilayah mana yang paling bagus koneksinya. Semua disajikan dengan singkat, padat, jelas dan mudah di mengerti. Sebagai contoh akan saya tunjukkan caranya. Pertama klik pada tombol “see stats for the entire world” atau langsung ke tab “Global Tabs” di atas. Kita akan disuguhi 4 kotak yang berisi data masing-masing : “continents atau benua”, “Countries atau negara”, “region atau wilayah (provinsi kalau di Indonesia)”, dan “Cities atau Kota”. Di sini saya akan memberi contoh memilih negara kita sendiri. Pertama, pilih Asia pada kotak “Continents”, kemudian pada “Countries”, pilih Indonesia. Pada pilihan “Regions” pilih Jawa Timur, dan terakhir pada “Cities” pilih Mojokerto. Lalu klik tombol kecil “Show City Stats”. Kemudian SpeedTest.net akan memberikan hasilnya yang ternyata cuma ada satu ISP di sana. Pada saat artikel ini dibuat, statistiknya adalah PT.Telecomunikasi Indonesia sebagai ISP, dan kecepetan download 115,8 kB/s. Apakah anda puas? Jika masih belum mari kita bandingkan statistik dari ISP dan kota satu Indonesia. Caranya sama sepereti tadi tapi hanya sampai memilih “Countries” saja dan langsung klik “See Countries Stats” dan akan terlihat perbandingan dari ISP-ISP seluruh Indonesia, perbandingan kecepatan koneksi antarkota, dan antar provinsi. Di situ akan tersaji dua tab, download dan upload. Statistiknya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu “Top Internet Service Provider By Download Speed” , “Top Regions by Download Speed” , dan “Top Cities by Download Speed”. Sekadar info, ketika artikel ini dibuat, saya mendapati PT. NAP Info Lintas Nusa sebagai Top ISP, Sulawesi Tenggara sebagai Top Regions, dan Timika sebagai Top Cities by Download Speed. Kalu ingin mengetahui nilai kecepatan upload yah ada di tab upload.

Ini lho statistik dari SpeedTest.net. Bagaimana, Sulteng? Saya iri lhoooo….

Kalau semua sudah dilakukan, anda sebaiknya melihat ke tab “My Summary” untuk mengetahui summary anda secara keseluruhan. Dari sinilah semua bechmark disimpulkan, dan disajikan kepada anda. Di sini anda akan disuguhkan apa yang telah dibenchmark tadi. Ini nih gambarnya:

Seperti ini hasilnya. Anda akan melihat rangking negara anda pada box sebelah kanan, dan grafik kecepatan rata-rata di bagian bawah. OKE?

Kalau boleh berkomentar, website ini bagi saya sangat bagus secara tampilan. Menggunakan Ajax, jadi bisa sekaligus memperkenalkannya pada orang yang belum mengenal. Secara tampilan sangat menarik, dan bisa jalan meski di PC lemot. jujur saja, saya suka tampilannya. Mungkin inilah salah satu situs terbaik yang pernah saya kunjungi😀 Dan secara teknologi juga bagus bagi orang ndeso seperti saya. Kapan-kapan saya mau deh buat teknologi seperti itu tapi lebih bagus lagi🙂 kapan yahhh?😉

Nah, semua benchmark online ini sangat berguna kiranya untuk mengetahui seberapa cepat koneksi ISP kita, mengetahui bagaimana sih kecepatan internet teman kita di luar negeri, sebagai pembantu survei, juga bisa untuk mengerjakan tugas akhir (yah…kalau ada sih…), untuk membandingkan kecepatan, dan lain sebagainya. Saya membuat artikel ini bertujuan untuk membantu teman-teman senasib yang ingin mengetaui bagaimana caranya mengukur kecepatan ISp secara online. Nah, semoga tulisan ini bermanfaat dan selamt ukur-mengukur deh🙂

-Bowo Priyanto dari http://restava.wordpress.com

Kategori:Networking
  1. Buildbox Crack pin
    18 Juni 2016 pukul 4:00 am

    Sites of interest we have a link to

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: