Beranda > Ms. Office, Newbie > Memproteksi Cell Ms. Excell dengan Mudah

Memproteksi Cell Ms. Excell dengan Mudah


Sering kali saya harus mengirim atau membuat dokumen excel yang sudah saya atur sedemikian rupa sehingga saat saya membutuhkan cukup mengganti nilai pada sel yang telah ditentukan. Masalahnya kadang saya salah mengklik suatu cell yang tidak boleh dirubah agar laporan tidak kacau. Saya memerlukan proteksi worksheet agar saya atau orang lain tidak bisa merubah hal-hal yang sudah diatur sebelumnya tetapi orang lain atau diri saya tetap masih bisa membuka file tersebut dan hanya bisa mengisi cell yang tidak dikunci.

Kebetulan kemaren jugha ada request dari rekan kerja yang menginginkan cara proteksi cell pada Ms. Excell. Sebenarnya masih banyak cara yg tergolong lebih aman dan stabil, tapi cara itu sulit, sehingga saya menggunakan cara yang termudah,. Okay, begini caranya.

Buat tabel kerja yang akan digunakan untuk latihan, contoh : Berikan Rumus pada cell-cell yang akan diproteksi dan tidak diijinkan untuk diolah oleh sembarang orang, contoh : Kemudian blok pada cell yang tidak akan diproteksi, dimaksudkan untuk dapat diinput oleh sembarang orang, Contoh :Kemudian Klik kanan pada area tersebut Pilih Format Cell, Protection, Hilangkan cek Mark pada Tab Locked, Contoh :(Hilangkan semua centang pada kolom Locked dan Hidden)

Kemudian Proteksi Sheet tersebut dengan langkah2 seperti ini : Pilih Tools, Protection, Protect Sheet, Isikan Password dan atur Cek Mark untuk permission terhadap sheet, OK Contoh : Kemudian isikan data dalan tabel, Pastikan anda tidak mengubah pada Rumus, karena sistem Proteksi akan memberi peringatan Login dahulu sebelum mengedit seperti pada gambar berikut :

Abaikan dialog Password tersebut dengan menekan tombol Cancel. Lanjutkan Pengisian.

Selamat mencoba, Juragan Ichwan Aryono (Kalo masi ada request, Bowo Priyanto SIAP loh…)

-Bowo Priyanto, A.Md.-

Kategori:Ms. Office, Newbie
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

