Beranda > Newbie, Perangkat Ujian Nasional > Tips OK Menghadapi UN

Tips OK Menghadapi UN


Mengenai Ujian Nasional (UN), sekarang ini siapa sih yang tidak merasakannya ??? Momen penting nan krusial bagi siswa kelas akhir di semua tingkat pendidikan dasar, menengah hingga keatas. Saat itulah hasil belajar dievaluasi dan disaat itulah perjuangan terakhir hingga tetesan darah terakhir pun dipertaruhkan demi melanjutkan kejenjang lebih tinggi.Lalu sudahkan Anda menyiapkan amunisi untuk menghadapi pertempuran di medan perang ? Apakah yang akan terjadi pada puncak Anda sekolah selama tiga tahun? Sungguh suatu kesia-sian jika nantinya Anda tidak lulus UN. Maka persiapkan mulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat. Berikut beberapa Tips Persiapan Anda Jelang UN :

1. Berdoalah kepada Tuhan & Mohon Restu kepada Orang Tua

Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhanlah yang menentukan. Manusia tidak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Setiap keberhasilan ada keikutsertaan Sang Pencipta di dalamnya. Oleh karena itu berdo’alah agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN. Selain itu, jadikan UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua tercinta. Oleh karena itu, mintalah restu kepada orang tua sebelum UN agar diberikan kemudahan dan kelancaran

2. Harus Rela Mengeruk Kantong Lebih Dalam.

Uang merupakan modal utama untuk melakukan segala usaha, termasuk belajar. Selain berdo’a usaha selanjutnya yaitu harus rela mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang hari-hari biasa. Karena apa?? Karena agar maksimal persiapan anda jelang UN, mau tidak mau harus membeli buku-buku khusus persiapan UN yang super teball, dari pada menyesal kemudian.

Dengan membeli buku  khusus persiapan UN, anda menjadi lebih fokus menghadapi ujian nasional serta tidak repot-repot harus bongkar muat buku-buku dari kelas satu, karena buku khusus persiapan UN biasanya sudah mencakup semuanya berdasarkan SKL (Standar Kelulusan) dan kisi-kisi soal UN yang akan anda hadapi, prediksi UN + informasi-informasi terkini seputar Ujian Nasional.

3. Belajar Lebih Giat

Menjelang Ujian Nasional, anda harus belajar ekstra ketat. Hal ini mengingatkan materi pelajaran relatif lebih banyak, mulai materi pelajaran kelas I. Cara belajar yang bisa dilakukan oleh anda, misalnya membaca materi pelajaran sesuai dengan jadwal belajar harian atau membaca buku yang ada di Perpustakaan. Untuk mendapat gambaran bentuk dan materi yang keluar dalam Ujian Nasional, anda dapat melihat soal-soal Ujian Nasional tahun yang lalu. Soal-soal tersebut berfungsi sebagai latihan mengerjakan atau menjawab soal-soal Ujian Nasional yang akan datang.

4. Perbanyak Latihan Soal

Berlatih mengerjakan soal akan membuat anda terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaan anda terhadap materi semakin baik. Anda tidak akan cemas atau grogi dalam menghadapi soal Ujian Nasional.

5. Belajar Kelompok

Belajar kelompok bermanfaat untuk membahas, mendiskusikan materi pelajaran yang dianggap sulit. Melalui diskusi, anda akan saling tukar informasi, saling menguatkan motivasi belajar, mengeluarkan pendapat dan berbagai pengalaman. Anggota kelompok bisa 5 atau 7 orang sesuai dengan kebutuhan. Apabila materi pelajaran yang tidak dapat dipecahkan oleh kelompok, anda dapat menanyakan langsung kepada guru bidang studi (mata pelajaran).

6. Membuat Peta Kekuatan

Dalam hal ini anda harus mempunyai gambaran yang jelas mengenai kondisi diri sendiri. Memahami kekuatan atau kemampuan dan kelemahan yang dimiliki. Apabila ada pelajaran atau materi yang kurang dipahami, maka belajarnya harus lebih keras lagi. Selain itu, harus memperbaiki cara belajar yang dilakukan selama ini. Anda harus mencari dan menemukan strategi belajar yang jitu, sehingga dapat belajar secara efektif dan efisien.

7. Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam

Belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari UN tiba. Jangan menggunakan sistem kebut semalam yaitu belajar keras saat Ujian Nasional sudah dekat. Justru pada hari-hari mendekati Ujian Nasional, badan dan pikiran harus rileks.

8. Menjaga Kesehatan

Anda hendaknya selalu menjaga kesehatan, sehingga pada saat Ujian Nasional dalam kondisi fit, segar dan sehat. Jadi, walaupun materi pelajaran banyak yang harus dihafal dan dipelajari, jangan sampai mengabaikan/kurang memperhatikan kesehatan badan. Hendaknya cukup tidur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tak lupa olahraga yang teratur.

9. Menenangkan Hati dan Pikiran

Kesiapan dalam pemahaman materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan hati dan pikiran. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, maka masa ujian akan dilalui dengan riang gembira dan bersemangat. Untuk itu, apabila memiliki masalah segeralah selesaikan denga baik. Disamping itu, jangan banyak pikiran yang bukan-bukan misalnya merasa khawatir tidak lulus ujian, bingung memilih jurusan di perguruan tinggi atau masa depan yang suram.

10. Hindari Kegiatan yang Bisa mengganggu Konsentrasi Belajar

Untuk sementara hindari dulu kegiatan/kesenangan/hoby yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti bermain play station, internettan, dan menonton tv.

Semoga Bermanfaat :D
Nantikan Tips-tips selanjutnya mengenai Ujian Nasional. !!

  1. 29 September 2014 pukul 2:08 am

    I’m gone to tell my liittle brother, that he should also go to see this weblog
    on regular basis too obtain updated frfom hottest information.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: